Widget HTML Atas

Apa Itu Prokrastinasi Dan Dampak Buruknya

Ada yang pernah merasakan untuk menunda-nunda pekerjaan? Pernah dong !!

Baik atau buruk menurut kalian?  Yuuk kita ulas dan Simak !!


Apa Itu Prokrastinasi dan Dampak Buruknya


Apa itu Prokrastinasi?

Menunda-nunda pekerjaan, malas untuk melakukan atau menyelesaikan tugas sampai akhirnya waktu terus berjalan menuju deadline tugas semakin dekat. Menunda-nunda pekerjaan atau disebut prokrastinasi bukan mencerminkan sifat baik, akan tetapi hal tersebut merupakan sifat buruk dari kita yang melakukan. Meskipun dia tahu bahwa prokrastinasi in membawa dan menghasilkan dampak buruk. Maka itu disebut dengan prokrastinasi. Banyak yang menyebabkan prokrastinasi ini dilakukan. Karena ketidak tahuan melakukan apa, tidak mengerti yang dikerjakan atau yang lainnya. Pada tahun 1992 Bernard menyebutkan beberapa faktor dan berakibat dari prokrastinasi ini berpotensi dilakukan.

 

1. Kecemasan

Kecemasan merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh seseorang atau yang dialami  seseorang yang dipengaruhi karena stress. Perilaku stess ini merupakan sifat dan kognitis seseorang yang mengalami hal tersebut karena menilai situasi yang dialaminya membaca akan ada ancaman sehingga menimbulkan kecemasan. Akibat dari hal tersebut seseorang yang melakukannya menunda-nunda tugasnya dalam menyelesaikan masalah dan cendrung melakukan prokrastinasi.

 

2. Kurangnya self-depreciation

Self-depreciation ini merupakan perilaku yang dilakukan untuk penghargaan seseorang yang telah melakukan sesuatu hal. Tetapi, seseorang tersebut menyalahkan dirinya karena kesalahan ataupun tidak adanya apresiasi. Hal ini berpotensi seseorang tersebut melakukan prokrastinasi. Dari hal ini kita bisa melihat bahwa orang yang melakukan prokrastinasi ini merasa tidak yakin sehingga hal yang tidak penting pun ia anggap sangat rumit dan menjadikannya mempersulit diri dalam melakukan pekerjaan.

 

3. Pencarian kesenangan

Individu biasanya menolak untuk mengorbandan kesenangannya untuk mengerjakan tugas yang penting. Iya lebih memilih mencari kesenangan untuk menenangkan dirinya sendiri bisa dibilang orang tersebut melakukan self-deffend. Hal tersebut mendorong dirinya untuk mencari ketenangan dengan seorang diri tanpa memikirkan hal tersebu, tetapi itu hanya akan memperpanjang waktu dan terjadinya kemungkinan memikirkan terus menerus karena tugasnya belum selesai. Orang yang melakukan prokrastinasi belum tentu akan melukan hal tersebut secara spontan akan tetapi memikirkan, hanya saja waktu yang dia butuhkan sedikit lebih lama dari biasanya.

 

Ada sisilain dari prokrastinasi ini dilakukan, karena dia merasa yakin akan melakukan tugas secara maksimal dibawah tekanan, dengan waktu yang singkat seseorang mampu memilih mengerjakan ditenggat waktu yang sedikit. Mengubah prilaku prokrastinasi ini tidak bisa dilakukan secara spontanitas. Membutuhkan waktu dan usaha untuk melakukannya.

Salah satu cara untuk meminimalisir dalam merubah sikap prokrastinasi adalah dengan membuat daftar list yang akan dilakukan disetiap harinya. Mendeskripsikan tujuan yang realistis dari setiap kegiatan yang akan dilakukan. Dari kegiatan tersebut dilakukan perincian agar yang melakukan tugas mengerti dan paham apa yang akan dilakukannya dalam mengatasi masalah.

Lakukanlah estimasi waktu dalam penyelesaian tugas untuk diselesaikan. Setelah itu memberikan reward kepada diri sendiri atau memberikan apresiasi terhadap diri sendiri dalam menyelesaikan tugas. Banyak macam reward yang mampu diberikan kepada diri sendiri. Salah satunya adalah melakukan refreshing dengan cara berlibur untuk menenangkan sejenak aktivitas yang sudah dilakukan.

Membuat skala prioritas untuk mengoptimalkan waktu sehingga membuat kita menjadi lebih produktif ketika melakukan segala sesuatu yang akan dilakukan. Menghindari hal-hal yang akan menunda prilaku atau tugas yang menjadi prioritas dan mendistraksi sesuatu yang dikemudian hari membawa dirinya lupa dengan hal yang kurang penting dan mencapai goal atau tujuan utama.

mojokceria
Mari Mojok Mari Bercerita dengan Secangkir Kopi

Related Posts

Post a Comment