Widget HTML Atas

Peradaban Di Babilonia Dan Penciptaan Alam Semesta

Babilonia, tidak sedikit orang tau, artinya banyak orang tau dan mendengar tentang kita Babilonia. Sebetulnya ada apa dengan Babilonia? Kenapa selalu disebut-sebut? Apa yang bisa dijadikan kesan dari cerita dan peradaban tentang Babilonia. Oke lanjut bacanya sampe kelar. Jangan lupa share jika bermanfaat. 


Peradaban Di Babilonia Dan Penciptaan Alam Semesta


Kali ini kisah penciptaan, agan sista semua tentu tau dong banyak sekali teori dan versi penciptaan yang berkembang belakangan ini. 

Babilonia terletak di Selatan Mesopotamia tepatnya di tepian sungai Efrat, di dekat tempat yang sekarang di sebut Al Hillah, Irak di wilayah Sumeria dan Akkadia. Babilonia terkenal dengan berbagai macam ajarannya mulai dari ilmu perbintangan (astronomi), peramalan (astrologi), ajaran mengenai jagad raya (kosmologi), gerakan benda2 langit dan rahasia penciptaan yang terdapat pada benda2 langit hingga asal usul penciptaan alam semesta.

Karena peradapannya yang maju Babilonia di kenal sebagai pusat ilmu pengetahuan di masa itu (sekitar tahun 612 SM). 

Sebuah penggalian yang di lakukan oleh Layard dan Rassan (1850-1854) dalam perpustakaan raja Ashurbanipal (668-626 SM) ditemukan banyak sekali lempengan tanah liatnya, nah di antara lempengan2 tanah liat itu di temukan apa yang disebut kisah Babilonia tentang penciptaan. 

Dalam lempengan itu di kisahkan bahwa dewa Agung Marduk dan dewi kedalaman, Tiamat yang berkonflik menurut beberapa catatan ia berkonflik dengan dewa Marduk karena ingin membalaskan kematian sang suami (Dewa Apsu) tetapi rupanya dewi fortuna tidak berpihak padanya sehingga ia malah tewas di bunuh oleh dewa Marduk dan karena kemenangan ini  Marduk di puja baik oleh para dewa maupun manusia. 

Kisah penciptaan fersi Babilonia tertulis di atas 7 lempengan tanah liat, mungkin ini untuk di samakan dengan 7 hari penciptaan. Kisah Penciptaan manusia di temukan pada lempeng yang ke 6 yang mana sejajar juga dengan kisah penciptaan manusia di hari ke 6 sedangkan untuk kisah penciptaan alam semesta disebut pada lempengan yang ke 4. 

Meskipun terlihat persamaannya tetapi kita tidak bisa menolak fakta bahwa penciptaan fersi Babilonia yang politeistik dengan dewa2nya bertentangan dengan kisah penciptaan fersi agama2 Samawi yang mana alam semesta di ciptakan oleh Allah yang benar dan yang hidup. 


Wisata Cibaliung
Wisata Cibaliung
Mari Berjalan Mari Bercerita dengan Secangkir Petualangan

Related Posts

Post a Comment