Widget HTML Atas

Pasal PKWT UU Cipta Kerja Dan Peraturan Kontrak Kerja

“Karyawan yang melamat pekerjaan dan diterima kerja di suatu perusahaan swasta dan kemudian menandatangani kontrak perushaan selama 1 tahun (1 Maret 2020 – 1 Maret 2021) dengan akomodasi penuh dan juga digaji. Pada saat bekerja, ia mendapatkan promosi kerja berupa perjalanan ke Singapura selama 3 bulan pada Bulan Juli (Juli – September). Kemudian pada Januari 2021 mengundurkan diri sebelum masa kontrak selesai.”


Pasal PKWT UU Cipta Kerja Dan Peraturan Kontrak Kerja



Bagaimana Pertanggungjawaban sodara Karyawan dengan perusahaan?
Apakah Pengunduran Diri Karyawan Sesuai dengan Kontrak Kerja?

Jawaban:
Pada pertanggungjawaban yang ditanda tangani di perusahaan swasta dengan waktu selama satu tahun dan mengundurkan diri secara tidak baik baik maka peruahaan berhak menahan surat-surat berharga karyawan. Karena sudah melanggar perjanjian dan  mengikuti kesepakatan bersama.
Ada penandatanganan kontrak kerja yang dianggap sah. Pada dasarnya berada pada pasal 1320 pada Undang-Undang Hukum Perdata (KUHP) bahwa:.
a. kesepakatan yang mengikat
b. kecakapan perikatan
c. pokok persoalan
d. sebab yang tidak terlarang
Hal tersebut diatur dalam Pasal 52 Ayat 1 UU no. 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan dan juga ditegaskan bahwa Perjanjian kerja dibuat atas dasar:
a. adanya kesepakatan kedua belah pihak
b. kemampuan melakukan perbuatan hukum
c. adanya pekerjaan yang diberikan dan sudah menjadi perjanjian
d. pekerjaan tidak bertentangan terhadap ketertiban umum, kesusilaan,    
dan juga peraturan perundang undangan yang berlaku.

Dengan kontrak yang berbentuk tulisan tersebut dapat digunakan sebagai bukti apabila muncul perselisihan dan dijadikan sebagai pegangan dengan perusahaan mendapat dan menyimpan surat perjanjian tersebut dan diatur (Pasal 54 ayat 3 UU 13/2003). 
Disisi lain ada persoalan yang dilakukan oleh karyawan karena setelah di promosikan selama 3 bulan pada januari 2021 mengundurkan diri. Karena karyawan diatas melakukan perjanjian kontrak maka adanya perjanjian kerja antara pihak pekerja dengan perusahaan tersebut dalam hubungan kerja diwaktu tertentu dengan syarat sebagai berikut:
a. Didasarkan atas jangka waktu paling lama 3 tahun atau selesainya pekerjaan
b. dibuat secara tertulis 3 rangkap: untuk Buruh, Perusahaan dan Disnaker (permenaker pada No. Per 02/Men/1993).
c. Tidak ada masa percobaan 
Perjanjuan tersebut dinamakan dengan PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu)
Jika dalam hal tersebut terjadi tidak sesuai dengan kesepakatan artinya ada perselishan hubungan industrial dengan serikat pekerja/buruh. Maka yang perlu dilakukan adalah dengan menyelesaikan secara mediasi, jika gagal konsiliasi, jika gagal dapat diselesaikan dipengadilan. Hal ini Dikatakan perundingan Bipartit. 

Jika kesepakatan itu dilanggar maka perusahaan diperbolehkan menahan surat-surat berharga milik karyawan. 


Pasal PKWT UU Cipta Kerja Dan Peraturan Kontrak Kerja


*UU Disnaker pasal 59 tentang batasan waktu kontrak pekerjaan dihapus

Pengunduran diri yang dilakukan oleh Karyawan tidak sesuai dengan kontrak kerja, karena kesepakatan yang sudah ditanda tangani yaitu selawa 1 tahun (01 Maret 2020 – 01 Maret 2021). Sedangkan pengunduran diri dilakukan pada bulan  Januari 202.

mojokceria
Mari Mojok Mari Bercerita dengan Secangkir Kopi
Newest Older

Related Posts

Post a Comment